Produk haruslah unik, dengan produk yang unik orang-orang akan
mencari produk Anda. Keunikan bisa memaksa orang untuk memilih produk Anda. Selain
itu, dengan memiliki keunikan akan membuat Anda keluar dari zona persaingan dari
para kompetitor.
Dengan re-inovasi terus menerus untuk menciptakan suatu keunikan
akan membuat produk Anda susah untuk diikuti, sehingga para pesaing akan lebih sulit
untuk mengejarnya. Bila itu sukses dilakukan maka produk Anda akan menguasai mind
share, karena produk tersebut tidak bisa didapatkan ditempat lain. Pada akhirnya
produk Anda akan menjadi eksklusif yang dapat memberikan pelanggan Anda rasa bangga
ketika menggunakan produk Anda.
Keunikan memegang salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis,
lalu bagaimana keunikan seharusnya dibangun. Ada tiga dimensi yang bisa menjadi
sebuah kerangka dalam menciptakan sebuah keunikan.
1. Dimensi Kandungan
Bahan
Keunikan sebuah produk bisa dibangun dengan menciptakan dari
bahan kandungan yang digunakan untuk membuat produk tersebut. Keunikan ini bisa
diciptakan dengan melakukan pembedaan jenis, asal bahan baku yang digunakan, dan
kualitas bahan tersebut.
Keunikan di dimensi ini menempel pada produknya, sehingga
para pelanggan bisa mengetahui kandungan yang ada dalam produk tersebut
sehingga bisa saja mereka menirunya.
Contoh keunikan yang masuk kedalam dimensi ini adalah baso
yang dibuat dari daging ayam, toko retail yang khusus menjual susu untuk bayi
dan balita serta salon potong rambut khusus untuk anak-anak.
2. Dimensi Proses
Keunikan pada dimensi ini didapatkan dari tahapan dan proses
yang unik. Keunikan tersebut dicapai dengan membangun infrastruktur tertentu
dalam bentuk, peralatan yang berbeda, teknologi khusus, serta penggunaan
bahan-bahan mendukung yang spesifik. Keunikan ini juga bisa dilakukan pada saat
produksi, selama proses produksi atau pasca produksi.
Selain dari infrastruktur ataupun perlakuan, keunikan juga
bisa didapatkan dengan melibatkan manusia yang melakukan proses produksi
tersebut. Keunikan dari dimensi proses ini bersifat moderat, keunikannya terletak
pada lembaga pelaksana proses tersebut.
Contoh keunikan yang ada di dimensi ini adalah kerupuk yang
digoreng dengan pasir, akupuntur yang terapisnya merupakan orang cina asli, ataupun
kursus bahasa Jepang yang tenaga pengajarnya merupakan orang yang native berbahasa
Jepang.
3. Dimensi Delivery Method
Dimensi delivery method atau tahapan terakhir penyerahan
produk terhadap pelanggan ini adalah keunikan yang diciptakan saat proses penyampaian
produk kepada pelanggan. Pada dimensi ini kita bisa melakukan keunikan dari segi
kemasan, produk biasa yang dikemas secara eksklusif akan membuat jadi lebih bernilai.
Keunikan juga bisa diciptakan dengan memilih lokasi yang
unik.
Keunikan pada dimensi delivery method ini merupakan keunikan yang memiliki tingkat paling tinggi. Keunikan ini bukan berasal dari produk ataupun lembaga tetapi pada persepsi pelanggan. Oleh karena itu keunikan pada dimensi ini secara teknis sulit untuk ditiru oleh pesaing.
Keunikan pada dimensi delivery method ini merupakan keunikan yang memiliki tingkat paling tinggi. Keunikan ini bukan berasal dari produk ataupun lembaga tetapi pada persepsi pelanggan. Oleh karena itu keunikan pada dimensi ini secara teknis sulit untuk ditiru oleh pesaing.
Contoh keunikan dimensi ini adalah tempat makan yang berada
di dermaga ataupun di puncak bukit.
Keunikan yang diciptakan harus juga dikomunikasikan
dengan baik agar keunikan kita bisa
diketahui banyak orang serta bisa
mendatangkan banyak konsumen. Keunikan ini pula diciptakan agar kita selalu
berinovasi dan menjadi kreatif dalam memenangkan persaingan bisnis.
Sumber : Franchise
Bible
Credit Picture : www.ronvanpeursem.com
http://portalpengusaha.com/bisnis/bangunlah-keunikan-produk-anda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar